Tuesday 25 October 2016

BEGINI CARA MEDIA SOSIAL MEMPENGARUHI OTAK



(Arrahmah.com) – Apakah Anda pernah merasa tidak bisa menghentikan diri menggunakan media sosial? Berselancar di media sosial memang mengasyikkan, tapi apakah itu sehat buat otak?
Menurut data yang dikumpulkan lembaga pendidikan TED (Technology, Entertainment, Desain) sepertiga penduduk dunia menggunakan media sosial. Lima sampai 10 persen pengguna internet menyatakan sulit mengontrol waktu saat menggunakan media sosial. Menurut hasil pemindaian otak, ada bagian otak yang alami gangguan, dan itu bagian yang sama seperti pada pengguna narkoba.
 
1.         Menyebabkan Kecanduan
Bagian otak yang terganggu terutama yang mengontrol emosi, perhatian dan pengambilan keputusan. Orang merasa senang pada media sosial, karena segera memberikan “imbalan” tanpa perlu upaya besar. Oleh sebabnya itu otak ingin mendapat stimulasi makin banyak, dan akhirnya menyebabkan ketagihan. Seperti halnya ketagihan obat terlarang.

2.         Tampak seperti Multi-Tasking
Orang tampaknya mampu melaksanakan multi-tasking antara pekerjaan dan berkomunikasi dengan teman atau membaca berita terakhir dari teman lewat media sosial. Itu tampaknya saja. Semakin banyak menggunakan media sosial menyebabkan semakin kurangnya kemampuan otak untuk menyaring “gangguan” dan menyebabkan otak tidak mampu menempatkan informasi dalam ingatan.

3.         Phantom Vibration Syndrome
Sejalan dengan penggunaan medsos lewat ponsel pintar, muncul fenomena baru “phantom vibration syndrome”. Orang merasa ponsel bergetar, tapi sebenarnya tidak.
Menurut sebuah studi, 89% dari pengikut riset rasakan ini, sedikitnya sekali dalam dua minggu. Tampaknya: otak menerima rasa gatal dan mengubahnya menjadi getaran yang dirasakan tubuh. Sepertinya teknologi mulai mengatur ulang sistem syaraf.

4.         Makin Terfokus pada Diri Sendiri
Media sosial juga menyebabkan otak makin banyak melepas Dopamin, yang sebabkan tubuh merasa senang.
Menurut ilmuwan, pusat pemberian imbalan pada otak menunjukkan aktivitas lebih tinggi, jika orang bicarakan pandangan mereka, daripada jika mendengarkan pendapat orang. Itu tidak mengherankan. Tapi dalam interaksi langsung, hanya 30-40% isinya mengenai diri sendiri. Sementara dalam media sosial 80%.

5.         Kesenangan untuk Membicarakan Diri Sendiri
Semua bagian otak yang berkaitan dengan orgasme, motivasi, cinta terstimulasi hanya dengan menggunakan media sosial. Dan itu lebih besar lagi dampaknya, jika Anda menyadari bahwa Anda punya “penonton”. Misalnya jumlah likes di Facebook atau jumlah followers di Twitter tinggi. Jadi tubuh memberikan imbalan tersendiri kepada kita, hanya karena membicarakan tentang diri sendiri lewat internet.