SAATNYA MENINGGALKAN MUSIK
Benarkah Musik Islami Itu
Haram?
Ternyata, banyak sekali
ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menerangkan akan hal ini. Satu di antaranya
adalah :
Allah Ta’ala berfirman
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ
“Dan di antara manusia ada orang yang mempergunakan
perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah tanpa
pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan
memperoleh azab yang menghinakan.” (QS. Lukman : 6)
Para ulama menafsirkan ayat ini
berhubungan dengan nyanyian, begitu pula Abdullah bin Abbas radhiyallahu
‘anhuma yang didoakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam agar Allah
memberikan kelebihan kepada beliau dalam menafsirkan Al-Qur’an sehingga beliau
dijuluki sebagai Turjumanul Qur’an,
Bahwasanya beliau juga
mengatakan bahwa ayat tersebut turun berkenaan dengan nyanyian. [Lihat
Tafsir Ibnu Katsir, hal. 556/3]
Bagaimana Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam mengkabarkan kepada umatnya tentang musik?
Perkataan Nabi Shallallahu
‘alaihi Wa sallam Dan Pendapat Para Ulama Mengenai Nyanyian (Musik)
HADITS PERTAMA
Termasuk mukjizat yang Allah
Ta’ala berikan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah
pengetahuan beliau tentang hal yang terjadi di masa mendatang. Dahulu, beliau
pernah bersabda,
ليكونن من أمتي أقوام يستحلون الحر والحرير والخمر والمعازف
”Sungguh akan ada sebagian dari
umatku yang menghalalkan zina, sutera, minuman keras, dan alat-alat
musik.” (HR.
Bukhari, no. 5590)
Jika dikatakan menghalalkan
musik, berarti musik pada masa Rasulullah hidup itu sudah haram hukumnya.
HADITS KEDUA
Dari Abu Malik Al Asy’ari,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لَيَشْرَبَنَّ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِى الْخَمْرَ يُسَمُّونَهَا بِغَيْرِ اسْمِهَا يُعْزَفُ عَلَى رُءُوسِهِمْ بِالْمَعَازِفِ وَالْمُغَنِّيَاتِ يَخْسِفُ اللَّهُ بِهِمُ الأَرْضَ وَيَجْعَلُ مِنْهُمُ الْقِرَدَةَ وَالْخَنَازِيرَ
“Sungguh, akan ada orang-orang
dari umatku yang meminum khamr, mereka menamakannya dengan selain namanya.
Mereka dihibur dengan musik dan alunan suara biduanita. Allah akan membenamkan
mereka ke dalam bumi dan Dia akan mengubah bentuk mereka menjadi kera dan
babi.” [HR.
Ibnu Majah dan Ibnu Hibban. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini
shahih.]
HADITS KETIGA
Dari Nafi’ –bekas budak Ibnu
‘Umar-, beliau berkata :
عُمَرَ سَمِعَ ابْنُ عُمَرَ صَوْتَ زَمَّارَةِ رَاعٍ فَوَضَعَ إِصْبَعَيْهِ فِى أُذُنَيْهِ وَعَدَلَ رَاحِلَتَهُ عَنِ الطَّرِيقِ وَهُوَ يَقُولُ يَا نَافِعُ أَتَسْمَعُ فَأَقُولُ نَعَمْ. قَالَ فَيَمْضِى حَتَّى قُلْتُ لاَ. قَالَ فَوَضَعَ يَدَيْهِ وَأَعَادَ الرَّاحِلَةَ إِلَى الطَّرِيقِ وَقَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَسَمِعَ صَوْتَ زَمَّارَةِ رَاعٍ فَصَنَعَ مِثْلَ هَذَا
Ibnu ‘Umar pernah mendengar
suara seruling dari seorang pengembala, lalu beliau menyumbat kedua telinganya
dengan kedua jarinya. Kemudian beliau pindah ke jalan yang lain. Lalu Ibnu
‘Umar berkata, “Wahai Nafi’, apakah kamu masih mendengar suara tadi?”
Aku (Nafi’) berkata, “Iya, aku
masih mendengarnya.”
Kemudian, Ibnu ‘Umar terus
berjalan. Lalu, aku berkata, “Aku tidak mendengarnya lagi.”
Barulah setelah itu Ibnu ‘Umar
melepaskan tangannya dari telinganya dan kembali ke jalan itu lalu berkata,
“Beginilah aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika
mendengar suara seruling dari seorang pengembala. Beliau melakukannya seperti
tadi.” [HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini
hasan]
KETERANGAN HADITS
Dari dua hadits pertama,
dijelaskan mengenai keadaan umat Islam nanti yang akan menghalalkan musik,
berarti sebenarnya musik itu haram kemudian ada yang menganggap halal.
Begitu pula pada hadits ketiga
yang menceritakan kisah Ibnu ‘Umar bersama Nafi’. Ibnu ‘Umar mencontohkan bahwa
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan hal yang sama dengannya yaitu
menjauhkan manusia dari mendengar musik. Hal ini menunjukkan bahwa musik itu
jelas-jelas terlarang.
PENDAPAT PARA ULAMA MENGENAI NYANYIAN (MUSIK)
- Ibnu Mas’ud mengatakan, “Nyanyian menumbuhkan kemunafikan dalam hati sebagaimana air menumbuhkan sayuran.”
- Al Qasim bin Muhammad pernah ditanya tentang nyanyian, lalu beliau menjawab, “Aku melarang nyanyian padamu dan aku membenci jika engkau mendengarnya.” Lalu orang yang bertanya tadi mengatakan, “Apakah nyanyian itu haram?”. Al Qasim pun mengatakan, ”Wahai anak saudaraku, jika Allah telah memisahkan yang benar dan yang keliru, lantas pada posisi mana Allah meletakkan ‘nyanyian’?”
- ‘Umar bin ‘Abdul Aziz pernah menulis surat kepada guru yang mengajarkan anaknya, isinya adalah, ”Hendaklah yang pertama kali diyakini oleh anak-anakku dari budi pekertimu adalah kebencianmu pada nyanyian. Karena nyanyian itu berasal dari setan dan ujung akhirnya adalah murka Allah. Aku mengetahui dari para ulama yang terpercaya bahwa mendengarkan nyanyian dan alat musik serta gandrung padanya hanya akan menumbuhkan kemunafikan dalam hati sebagaimana air menumbuhkan rerumputan. Demi Allah, menjaga diri dengan meninggalkan nyanyian sebenarnya lebih mudah bagi orang yang memiliki kecerdasan daripada bercokolnya kemunafikan dalam hati.”
- Fudhail bin Iyadh mengatakan, “Nyanyian adalah mantera-mantera zina.”
- Adh Dhohak mengatakan, “Nyanyian itu akan merusak hati dan akan mendatangkan kemurkaan Allah.”
- Yazid bin Al Walid mengatakan, “Wahai anakku, hati-hatilah kalian dari mendengar nyanyian karena nyanyian itu hanya akan mengobarkan hawa nafsu, menurunkan harga diri, bahkan nyanyian itu bisa menggantikan minuman keras yang bisa membuatmu mabuk kepayang. … Ketahuilah, nyanyian itu adalah pendorong seseorang untuk berbuat zina.” [Lihat Talbis Iblis, Ibnul Jauzi, hal. 289, Darul Kutub Al ‘Arobi, cetakan pertama, 1405 H]
EMPAT ULAMA MADZHAB MENCELA NYANYIAN
ü Imam Abu Hanifah
Beliau membenci nyanyian dan
menganggap mendengarnya sebagai suatu perbuatan dosa. [Lihat Talbis Iblis,
282]
ü Imam Malik bin Anas
Beliau
berkata, “Barangsiapa membeli budak lalu ternyata budak tersebut adalah
seorang biduanita (penyanyi), maka hendaklah dia kembalikan budak tadi karena
terdapat ‘aib.”[ Lihat Talbis Iblis, 284]
ü Imam Asy Syafi’i
Beliau berkata, “Nyanyian
adalah suatu hal yang sia-sia yang tidak kusukai karena nyanyian itu adalah
seperti kebatilan. Siapa saja yang sudah kecanduan mendengarkan nyanyian, maka
persaksiannya tertolak.”[Lihat Talbis Iblis, 283]
ü Imam Ahmad bin Hambal
Beliau berkata, “Nyanyian
itu menumbuhkan kemunafikan dalam hati dan aku pun tidak menyukainya.” [Lihat
Talbis Iblis, 280]
ü Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah
rahimahullah mengatakan, “Tidak ada satu pun dari empat ulama madzhab yang
berselisih pendapat mengenai haramnya alat musik.” [Majmu’ Al Fatawa,
11/576-577]
NYANYIAN
Nyanyian dapat menyerap masuk
ke dalam pusat khayalan, lalu membangkitkan nafsu dan syahwat yang terpendam di
dalamnya. Dan masih banyak lagi yang lainnya. [Lihat At-Tahrim, hal. 151]
Semoga kita tunduk dan menerima
hukum Allah, dijauhkan dari segala bentuk kesombongan.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ» قَالَ رَجُلٌ: إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً، قَالَ: «إِنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ، الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ، وَغَمْطُ النَّاسِ
“Tidak akan masuk ke dalam surga seseorang yang di
dalam hatinya ada setitik kesombongan.” Lalu ada seorang laki-laki bertanya
pada beliau, “Sesungguhnya manusia itu menyukai baju yang indah dan sandal yang
bagus.” Lalu beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai
keindahan. Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” [HR. Muslim, no. 275]
Semoga Allah Subhanahu wa
Ta’ala senantiasa memberikan kita taufik dan kekuatan untuk bisa melakukan
segala apa yang Dia perintahkan dan menjauhi segala apa yang Dia larang.
Sesungguhnya Allah Ta’ala-lah
yang Maha Pemberi taufik dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali hanyalah milik
Allah semata.
Wallahu waliyyut taufiq.
By : rumaysho.com ~ Muslim.Or.Id/Muhammad Abduh
Tuasikal
Dipublikasikan oleh Jehanara BalQies
(nahimunkar.com)